Beranda Formulir Pengaduan Panduan Pengaduan
Data Pengaduan
Nama Komentar
Putri Ramadhani
Citrodiwangsan Kec.Lumajang
Waktu pengiriman : 24 Oktober 2020
Pengaduan Kepada : Dinas Kesehatan

assalamu'alaikum. saya ingin bertanya, bisakah saya meminta dan mengetahui data terkait aktivitas merokok di lumajang? dengan adanya perda no 5 th 2019, apakah data tersebut masih meningkat atau justru ada penurunan? baik dari segi pemakaian ataupun penjualannya. terimakasih. wassalamu'alaikum.


Tidak ada foto
Tanggapan Pengaduan
Tanggapan oleh Tanggapan
Dinas Kesehatan Tanggal : 27 Oktober 2020

terima kasih atas pertanyaannya. Upaya pelaksanaan dan penerapan Perda No. 5 tahun 2019 menjadi landasan pengelola tatanan untuk menerapkan Kawasan Tanpa Rokok. secara khusus belum ada data yang menyatakan jumlah perokok di Lumajang.tetapi Dinas Kesehatan melaksanakan survey Rumah Tangga Sehat yang salah satu indikatornya adalah tidak ada anggota keluarga yang merokok (sesuai dengan indikator keluarga sehat) yang menyajikan hasil indikator tersebut masih perlu ditingkatkan.merubah perilaku masyarakat dari merokok menjadi tidak merokok memerlukan waktu yang tidak sebentar, kecuali perokok terserang penyakit yang mewajibkan untuk segera berhenti merokok seketika.Pelaksanaan Perda tersebut tidak hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan atau pemerintahan saja, akan tetapi dukungan dan peran aktif masyarakat dalam melindungi perokok pasif dalam mendapatkan hak udara sehat tanpa asap rokok.jumlah perokok dari data survey kami di beberapa sekolah, ada beberapa anak/siswa yang mulai jadi perokok pemula.

Disamping dari sudut regulasi, tahun 2020 kami menggalang dukungan ormas (aisyiyah dan fatayat NU) dalam penurunan kasus perokok didlm rumah tangga

Dukungan diwujudkan dalam bentuk pendampingan di wilayah desa dg capaian indikator tdk merokok yg rendah

Upaya ini ditargetkan bisa mengubah capaian indikator tdk merokok menjadi minimal 43% di tahun 2020 sesuai target RTS tahun 2020.